KOMPETISI PRAMUKA VIRTUAL 2021: MENJAMAH 118 PANGKALAN SE-INDONESIA

Kegiatan  •  16 Dec 2021  •  by Administrator


MAN 2 KOTA BOGOR - Rabu,15 Desember 2021 Kompetisi Pramuka (Kompra) Virtual 2021 resmi dibuka. Acara pembukaan Kompra dilaksanakan di aula MAN 2 Kota Bogor dengan menerapkan protokol kesehatan dan disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Mandapa TV.

Kompra merupakan program tahunan yang diselenggarakan oleh Ambalan Kiansantang dan Diah Pitaloka yang bekerjasama dan bersinergi dengan Kwarcab Kota Bogor. Kompra virtual tahun ini berlangsung dari tanggal 15-19 Desember 2021, mengusung tema “Praja Derana Warisan Nusantara (Prana Jawara)”, dengan maskot Wa Nohan, yang berarti orang dewasa yang selalu ceria dan membawa keceriaan pada orang lain, dengan bentuk Hanoman. Tema ini dipilih dengan harapan di tengah perkembangan zaman yang mulai bercampur dengan budaya barat, budaya dan warisan Nusantara tidak begitu saja terlupakan.

Tahun ini Kompra memiliki 13 mata lomba dengan 3 jenjang pangkalan, yaitu jaipong, fashion show & lagu daerah, kreasi yel-yel, dan bank soal untuk pangkalan SD/MI. Putri Penggalang Indonesia, DASVAKOT, story telling, poster dua putra, dan solo vokal untuk pangkalan SMP/MTS. Lomba yel-yel, grup vokal, scout short movie, dan secret code untuk pangkalan SMA/MA/SMK.

Acara dimulai pukul 08.00 WIB, diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian pembacaan sandi Ambalan Kiansantang dan Diah Pitaloka serta sambutan dari Ketua Pelaksana, Kamabigus (Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan), Sekretaris Komisi Bina Muda dan Satuan Karya, serta sambutan Sekretaris Kwartir Cabang Kota Bogor Gerakan Pramuka Kota Bogor.

“Semoga pangkalan Man 2 ini semakin lebih maju, tambah lagi prestasinya. Dan atas nama Kwarcab Kota Bogor dalam hal ini, Waka Bina Muda dan Saka men-support dan mendukung semua kegiatan yang diadakan di gugus depan Kiansantang ini,” ujar Kak Rini, sekretaris Komisi Bina Muda dan Satuan Karya. “Selamat kepada kakak-kakak yang sudah berkiprah di pangkalan Man 2. Terus berkegiatan, terus berpacu pada prestasi, raih prestasi dengan sebaik-baiknya dan sebanyak-banyaknya. Salam Pramuka!” tutupnya.

Pembukaan secara resmi ditandai dengan dipukulnya kentungan sebanyak 3 kali oleh Sekretaris Kwartir Cabang Kota Bogor gerakan Pramuka Kota Bogor, dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta secara simbolis kepada perwakilan penggalang SD/MI, penggalang SMP/MTS, dan penegak SMA/MA/SMK oleh Kwarcab Kota Bogor dan Ketua Gugus Depan pangkalan Man 2 Kota Bogor. 

Kepala Madrasah selaku Kamabigus, Kak Dr. H. Ruyani, M.Pd dan Sekretaris Kwartir Cabang Kota Bogor gerakan pramuka Kota Bogor, Kak Nur Nawali memaparkan bahwa Kompra memberikan kesempatan bagi gugus depan pangkalan yang ada di Kota Bogor khususnya untuk melakukan evaluasi kemampuan melalui kejuaraan. Pelaksanaan acara secara virtual ini juga dianggap memiliki nilai lebih karena peserta tidak terbatas, bahkan sampai tingkatan nasional.

Hal itu selaras dengan yang disampaikan ketua pelaksana, Kak Virda pada sambutanya. “Kompra diikuti oleh Provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, Sumatra, Riau, Sulawesi, Lampung, Kalimantan, Jakarta, dan Banten, dengan 31 pangkalan SD/MI berjumlah 299 peserta, 46 pangkalan SMP/MTS berjumlah 480 peserta, dan 41 pangkalan penegak SMA/MA/SMK berjumlah 532 peserta, total terdapat 12.449 peserta.”

Panitia telah menyiapkan piagam bagi seluruh peserta, piala dan uang pembinaan bagi pemenang. Dalam setiap mata lomba akan dipilih 3 juara umum dan 3 juara favorit. Pengumuman hasil lomba akan diumumkan pada tanggal 19 Desember 2021.

Acara pembukaan Kompetisi Pramuka Virtual 2021 ditutup setelah menyanyikan hymne Satya Dharma Pramuka dengan pembacaan doa oleh Kak Syahril Aulia. Dengan ditutupnya acara pembukaan tersebut, ketua pelaksana berharap pelaksanaan Kompra ini dapat berjalan sebagaimana mestinya, baik peserta maupun panitia dapat sportif selama kompetisi berlangsung.

 

Reporter: Halwa Hannani Batrisya & Rizqya Aufa

Penulis: Halwa Hannani Batrisya & Rizqya Aufa

Related Post


User Avatar

MAN 2 KOTA BOGOR

Ilmu, Amar, dan Amal

Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bogor merupakan Madrasah Aliyah alih fungsi dari Pendidikan Guru Agama (PGAN) Bogor, yang berdiri sejak tahun 1950 dengan nama Sekolah Guru Agama Islam (SGAI), berdasarkan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 277/C9 Tanggal 15 Agustus 1950.

Hubungi Kami

  Jl. Raya Pajajaran No. 6,
     RT. 01/RW. 03, Baranangsiang,
     Kec. Bogor Timur, Kota Bogor,
     Jawa Barat, Indonesia - 16143.

  admin@man2kotabogor.sch.id

  (0251) 8321740, (0251) 8321741

 (0251) 8321741

Media Sosial Kami

Ayo Follow dan Ikuti informasi seputar kegiatan di MA Negeri 2 Kota Bogor di media sosial kami.